7 Obyek Wisata Terbaik di Yogyakarta

7 Obyek Wisata Terbaik di Yogyakarta – Jogja merupakan sebuah provinsi kecil yang berada di perbatasan provinsi Jawa Tengah bagian selatan pulau jawa. Jogja ini sangat terkenal sekali dengan keindahan alam dan juga banyak sekali tempat wisata yang telah mdendunia yang bisa anda kunjungi di Yogyakarta ini.

Selain bali, jogja ini merupakan salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikungjungi wisatawan asing. Tentu biasanya mereka mengujungi tempat ini untuk berlibur dan juga belajar. Bukan hanya wisatawan lokal saja jadi yang datang ke Yogyakarta ini.

Lalu apa saja tempat wisata dijogja yang menarik, berikut ini tempat wisata di jogja yang perlu dikunjungi.

Wisata Terbaik di Yogyakarta
Pantai Parangtritis termasuk salah satu obyek wisata terbaik di Yogyakarta (sumber: specindo.com)

Inilah 7 Obyek Wisata Terbaik di Yogyakarta

  • Candi Borobudur

Candi Borobudur ini merupakan tempat wisata yang biasa dikunjungin seseorang disaat mereka berada di jogja. Candi ini berlokasi di Magelang dan merupakan primadona di sekitar Yogyakarta. Candi ini juga sering juga dikunjungi oleh wisatawan asing karena candi ini sudah mendunia. Bahkan masuk kedalam 7 keajaiban dunia. Maka tidak heran bos atau pemiliki facebook Mark Zuckberg pernah mengunjungi jogja.

Candi ini juga memiliki relief dan juga patung budha terbanyak di dunia. Dan wisata ini merupakan tempat wisata yang biasa dikunjungi wisatawan jogja.

 

  • Candi Prambanan

Selain candi Borobudur, candi ini juga merupakan tempat wisata di Yogyakarta yang perlu anda kunjungi. Candi ini berada di komplek candi hindu terbesar di Indonesia. Dam candi ini juga telah dihiasi oleh relief yang relah diukir mengelilingi candi.

Dan cerita dari candi ini adalah sebuah cerita Ramayana dan Krishnayana. Dan lokasi candi ini juga tidak jauh dari pusat kota. Lokasi candi ini juga berada di samping jalan raya Yogyakarta.

 

  • Pantai Parangtritis

Wisata pantai Parangtritis merupakan pantai yang sangat terkenal di Yogyakarta. Dan wisata ini juga merupakan tempat wisata yang wajib untuk anda kunjungi. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 25 KM dari selatan pusat kota Yogyakarta.

Pantai parangtritis ini juga berada di tepi Samudra Hindia yang memiliki karekteristik ombak dan juga arus yang lumayan besar dan kuat. Dan keunikan lainnya dari pantai ini yaitu adanya bukit pasir yang biasa disebut gumuk di sekitar pantai. Dan anda juga bisa bermain paralayang di bukit Parangndog di Pantai Parangtritis.

 

  • Jalan Malioboro

Maliobor merupakan sebuah nama jalan yang berada di jogja. Nama jalan ini sudah terkenal dan sudah menjadi salah satu tempat wisata di jogja yang perlu anda kunjungi. Dan penanda nama jalan malioro juga biasanya digunakan seseorang untuk berfoto. Bahkan anda harus mengantri terlebih dahulu untuk berfoto dengan penanda tersebut.

Di jalan malioboro ini merupakan pusat kota yang sangat banyak sekali toko oleh-oleh, wisata kuliner yang sangat banyak sekali. Dan pada siang hari anda akan menemukan orang berjualan seperti pakaian, tas, sandal, kerajinan dan masih banyak lagi yang bisa anda beli dengan harga murah.

Dan ditempat ini juga sangat banyak sekali pertunjukan khas jogja seperti angklung dan bahkan banyak orang yang berpakaian unik seperti memakai pakaian pocong, prajurit, zombie dan lain-lainnya.

 

  • Gunung Merapi

Gunung merapi juga merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Jogja. Dan gunung ini merupakan gunung yang paling terkenal di Jogja. Dan tempat ini merupakan salah satu tempat wisata paling favorit untuk pecinta alam yang berhobi untuk mendakit gunung.

Di gunung merapi ini anda bisa menikmati keindahan matahari disaat terbit di puncuknya. Dan biaya masuk ke Gunung ini juga cukup murah sekali. Anda hanya dikenakan biaya 3.000 Rupiah setiap orang.

 

  • Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta juga merupakan tempat wisata di jogja yang ramai dikunjungi. Ditempat ini anda bisa melihat bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta. Selain menikmati arsitektur bangunan kesultanan, anda juga bisa mengunjungi museum yang memiliki koleksi barang yang diberikan dari raja eropa kepada kesultanan Yogyakarta.

 

  • Goa Jomblang

Goa jomblang merupakan sebuah goa yang berada di Gunung Kidul Yogyakarta. Gunung ini merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Jogja. Goa jomblang juga merupakan goa vertikal yang memiliki sebuah hutan berada di dalamnya. Dan apabila anda mengunjungi goa ini pada pukul 10 hingga 12 siang, anda bisa melihat cahaya yang menembuat goa. Dan cahaya ini biasa disebut dengan cahaya surge. Dengan keunikan tersebut yang membuat goa jomblang ini menjadi salah satu tempat wisata yang berada di jogja untuk wajib dikunjungi.

Diatas itulah 7 tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan menambah wawasan serta pengetahuan yang luas.

Leave a Reply

close