Bagaimana Memilih Produk Amazon?

Dalam membangun website Amazon, kita perlu melakukan riset keyword. Tentu saja, riset keyword untuk monetize Amazon berbeda dengan riset untuk keperluan website Adsense.

Riset kata kunci pada website Adsense diprioritaskan pada keyword-keyword dengan CPC tinggi (minimal $1). Tidak demikian dengan riset keyword blog Amazon.

Sebelum kita melakukan riset kata kunci atau keyword Amazon, terlebih dahulu kita sebaiknya tahu situasi dan kondisi umum target market berkaitan dengan produk Amazon yang akan kita jual.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum riset keyword untuk website Amazon:

  1. Best Amazon Category Sales (Kategori produk Amazon musiman yang mana penjualannya ramai saat-saat tertentu)
  2. Musim Semi (Maret – Juni): Sebaiknya memilih produk-produk dalam kategori toys, baby supplies, garden tool, school supplies
  3. Musim Panas (July – Sep): Sebaiknya memilih produk-produk seperti sunglasses, bicyle, camping equipment, security tool, garden applience, perawatan kulit, ac
  4. Musim Gugur ( Oct – Des awal): dalam musim ini, pilihlah produk-produk yang penjualannya meningkat seperti jaket, gift ideas, pakaian hangat, pemanas, alat pembersih salju
  5. Musim Dingin (Des akhir – Feb): pada musim ini, lanjutkan saja menjual barang-barang yang sudah Anda pilih pada musim gugur.

Beberapa faktor yang juga layak menjadi pertimbangan dalam memilih produk Amazon:

  • Sebaiknya memilih produk sekali pakai atau produk yang expiry datenya cepat (mudah rusak) dengan harapan akan terjadi pembelian berulang oleh pengunjung situs Anda.
  • Pilihlah produk yang menjadi kebutuhan sekunder utama atau produk-produk yang jarang ditemui di toko eceran
  • Pilihlah produk yang bisa dan biasa dijadikan koleksi
  • Pilihlah produk-produk yg bisa dan biasa dijadikan hadiah
  • Pilihlah produk musiman yang tepat sesuai musimnya. Kalo mengandalkan traffik dari search engine, sebaiknya bangun blog jauh hari sebelumnya. Misalnya, Anda memilih untuk menjual perlengkapan berkemah musim panas, maka sebisa mungkin website jadi dan sudah online minimal pada musim semi.
  • Pastikan produknya masih ada (in stock).

riset produk amazon

Leave a Reply

close