Cara Daftar Adsense melalui Blogspot

Berikut cara daftar Adsense melalui Blogspot – cara terbaru 2012. Sebelum menemukan cara ini, saya masih bisa mendaftar dengan cara lama. Namun, ketika -bulan Mei 2012 – saya bermaksud mendaftarkan Blogspot punya teman ternyata menu Monetize atau Uangkan sudah tidak ada.

Adapun persiapan dan cara daftar Adsense melalui Blogspot atau Blogger adalah sebagai berikut (saya lengkapi dengan gambar seperlunya saja, karena saya yakin antum semua sudah pada jago berurusan dengan belogcepot ini):

 

PERTAMA, Cari tahu dulu ID blog Blogspot atau Blogger Anda

Untuk mengetahui ID blog anda adalah dengan melihat URL didalam halaman Dashboard blogspot anda.

Caranya:

  • Login ke dasboard Blogspot kamu (www.blogspot.com)
  • Selayaknya akan menambah postingan baru, klik menu Buat entri baru atau (dalam tampilan Inggris) Create new post.
  • Dari halaman Buat entri baru, terlihat ID blog Anda di URL browser seperti terlihat di gambar berikut.

cara daftar adsense di blogspot

Copy angka yang yang saya tandai warna merah di atas (itulah ID blog Anda) dan simpan di notepad. Karena, di langkah selanjutnya, ID blog tersebut akan kita gunakan untuk daftar Adsense di Blogspot.

 

KEDUA, Saatnya daftar Google Adsense dengan Blogspot Anda

Caranya:

  • Tambahkan blog ID Anda di bagian akhir URL ini:

http://www.blogger.com/monetize.g?blogID=

Blog ID saya pada gambar di atas adalah 2858253868964855337

Setelah saya tambahkan di bagian akhir URL di atas jadinya seperti ini:

http://www.blogger.com/monetize.g?blogID=2858253868964855337

 

  • Selanjutnya, copy dan paste-kan gabungan URL tadi di browser, lalu tekan Enter maka hasilnya seperti terlihat pada gambar berikut:

cara daftar adsense melalui blogspot

  • Setelah terbuka Halaman Pendaftaran Google Adsense seperti gambar di atas, klik Mendaftar Adsense. Muncul tampilan seperti gambar berikut:
cara daftar adsense dari blogspot

Untuk sementara biarkan seperti defaultnya, lalu klik tombol BERIKUTNYA.

Biasanya Google langsung menerima pengajuan akun Adsense baru dengan pesan sukses kurang lebih seperti ini:

AdSense diaktifkan untuk blog Anda!

Iklan Anda saat ini sedang ditampilkan dengan ID penayang ca-pub-*************Tunggu 48 jam untuk pengkajian akun baru sebelum iklan ditampilkan di blog Anda. Untuk sementara, blog Anda akan menampilkan iklan layanan publik di tempat iklan…. bla…bla…bla…

 

Terkadang Google minta No. HP juga. Turuti saja dengan memasukkan nomor HP yang telah terdaftar di akun Google Anda.

  • Langkah selanjutnya (setelah disetujui pengajuan Adsense Anda) adalah memasang kode Adsense di Blogspot.
  • Untuk memasang kode Adsense di Blogspot bisa melalu menu Rancangan, lalu masuk ke Elemen laman, lalu Edit pada bagian Posting Blog. Selanjutnya tinggal mengikuti alur menu yang disediakan di dalamnya. Gampang kan?
  • Setelah kode terpasang di Blogspot, perlu beberapa waktu untuk menunggu direview oleh mereka sebelum akhirnya diterima (full approve) atau ditolak. Begitu anda memasang kode Adsense, memang iklan Adsense belum Nampak karena masih masa review dari Google.
  • Masa penantian ketika direview Google Adsense bisa jadi cuma beberapa jam, tapi  kadang-kadang bisa juga hingga beberapa hari, bahkan lebih dari satu minggu. Sering-seringlah cek email, karena berakhirnya proses review ditandai dengan datangnya kiriman email dari Google. Jika disetujui, ikuti instruksi selanjutnya dengan meng-klik link yang disertakan bersama dalam email.

 

Cara mendaftar Google Adsense melalui Blogspot seringkali berubah-ubah prosedurnya sesuai dengan kebijakan baru mereka. Meski begitu, point dan intinya sama saja. Semoga metode yang saya tulis di atas berlaku untuk waktu yang lama. Selamat mencoba cara daftar Adsense melalui Blogspot di atas. Thanks…!

Leave a Reply

close