Google Update: EMD (Exact Match Domain) Algo Update

Update Google Terbaru: EMD (Exact Match Domain) Algo Google Update adalah jurus terbaru Google untuk menyaring situs-situs berkualitas dan mendepak situs sampah dari hasil pencarian SE. EMD update yang dikeluarkan akhir September 2012 ini sebagai kelanjutan dari update-update sebelumnya. Sebagaimana telah kita ketahui, Google beberapa telah mengeluarkan Penguin dari kandangnya. Sebelum Penguin, telah dilepas apa yg sering disebut Google Panda.

Google saat ini sedang rajin update untuk robot Search Engine mereka yang dikenal dengan kata ‘algoritma’. Setiap update algoritma mereka selalu diberi nama yang aneh-aneh -sesuka hati mereka- ( Google Panda, Google Penguin, dan terakhir ini EMD (Exact Match Domain) Algo Update). Sebelum itu tentu saja ada banyak update lain. Pada dasarnya Google selalu melakukan update pada Algoritma mereka, hanya belakangan ini mereka melakukan update besar-besaran yang berimpact besar terhadap hasil pencarian.

update google terbaru emd algoritma

Pendek kata, di dunia maya ini Google tahu, ada situs-situs baik dan bermanfaat, dan ada pula situs sampah yang membuat galau pembacanya. Yang baik ini fokus pada MANFAAT (informasi berguna bagi penghuni internet), contoh: Wikipedia. Google sangat mencintai wikipedia karena Wikipedia begitu fokus pada manfaat, sehingga kita selalu menemukan hampir sebanyak keyword selalu Wikipedia #1 – 5.

Nah, sementara situs-situs yang dianggap ‘tidak baik’ oleh Google adalah mereka yang hanya fokus pada ‘ranking’ tanpa memperdulikan MANFAAT bagi end-user (pengunjung). Contohnya mereka yang membangun website dengan konten tidak karuan, hasil copas, terlalu banyak iklan, ‘over optimized SEO practice’ (keyword terlalu berulang-ulang, backlink yang tidak natural) mereka dianggap melakukan ‘spam’ pada Search Engine.

PENJELASAN Tentang Algoritma Google Terbaru: EMD (Exact Match Domain) Algo Update

Google Panda Update: Dikeluarkan untuk membersihkan situs-situs yang dianggap sampah, ‘tidak berkualitas’ alias ‘miskin informasi’.

Google Penguin: Dikeluarkan untuk membersihkan situs-situs yang memperlakukan strategi backlink yang dianggap ‘tidak normal’ alias unnatural di mata Google. Google menginginkan sebuah situs itu ‘direkomendasikan’ secara sukarela oleh orang lain, bukan dibuat sendiri. Gara-gara Google Penguin Update ini banyak bisnis backlink yang hancur lebur.

Dan yang terbaru kali ini…

Google EMD Update (Exact Match Domain): Update ini baru dalam tahap ‘test’ dari Google, dikeluarkan untuk mentarget situs-situs di mana domainnya mentarget ‘kata kunci exact macth’. Contoh kata kunci utama Anda adalah ‘acne medicine’ dan domain Anda kemudian acnemedicine.com.

Pertanyaan yang banyak dilontarkan saat ini: Jadi Sekarang sudah tidak bisa lagi dong beli domain berdasarkan kata kunci atau memuat kata kunci?

Menurut saya: Masih Sangat Bisa! Kenapa tidak? Karena pada dasarnya, hampir semua nama domain itu adalah ‘kata kunci’. Kata kunci bisa berupa ‘branding’ atau ‘kata-kata’ biasa. Wedding dresses, best water softener, tohasyahputra, Profit Clicking, Google, yahoo, radio, chit chat, apapun itu adalah ‘kata’ yang tentu saja bisa jadi nama domain jika masih tersedia.

Intinya, yang harus Anda ingat, apapun nama domain Anda, bagi Google ujung-ujungnya tetap sama: “Google ingin para webmaster/marketer/dirimu/diriku, siapapun yang membuat website, KONTEN web nya harus berkualitas”. Sesederhana itu!

Jika Anda memiliki domain membidik kata kunci ‘exact match’ dan lalu turun ranking, kemungkinan konten Anda dianggap ‘low quality’ di mata Google. Berarti Anda tau apa yang harus dilakukan selanjutnya! Perbaiki konten Anda segera!

Google Panda, Penguin, EMD itu bukan penalty. Jika Anda terkena dampak update tersebut, tinggal perbaiki struktur website Anda, mulai dari konten, dan mungkin juga design situs Anda, usahakan tidak menggunakan theme wordpress yang banyak digunakan orang misalnya. Itu sebabnya saya sediakan ‘Brain Hippo’ agar Anda bisa design sendiri, dan masing-masing orang akan dapat template website yang berbeda.

So, jangan khawatir dengan sebanyak update Google yang keluarkan. Jika Anda mengikuti arahan SEO dari AsianBrain (AsianBrain fokus pada menjalankan kegiatan SEO white hat), insyaallah Anda akan aman.
Fokus saja posting, posting, posting dan posting yang BERKUALITAS.

Semoga penjelasan mengenai EMD (Exact Match Domain) Google Algo Update ini bermanfaat. Amin.

Leave a Reply

close