Newsletter, Perlukah Website Adsense Memiliki?

Newsletter adalah bagian penting yang seharusnya ada di setiap website. Newsletter, baik itu untuk website Adsense ataupun Website niche, sangat berguna untuk mengumpulkan data pengunjung (building list) yang singgah ke website kita.

Manfaat membangun newsletter (building list) adalah kita bisa menghubungi pelanggan kapanpun kita mau, misalnya saat kita memiliki info penting atau memasarkan produk baru. “Money is in the list” kata senior. Dan, benar memang begitulah adanya dengan catatan Anda melakukannya dengan benar.

Keuntungan lain melengkapi blog Adsense dengan Newsletter adalah memberi rasa aman dari banned Adsense. Website yang dibangun hanya untuk mendapat keuntungan dari Adsense saja jelas-jelas berlawanan dengan TOS (peraturan Google). Anda bisa mendapatkan peringatan dari Google hanya karena hal ini.

pengertian newsletterDengan memiliki Newsletter, Anda akan memiliki kesempatan untuk memiliki sumber pendapatan lain! Ya! Dengan memiliki newsletter memungkinkan Website Adsense Anda mempunyai kesempatan lain dalam mendapatkan uang.

Melalui newsletter Anda bisa :

  1. Mempromosikan produk sendiri kelak.
  2. Mempromosikan produk orang lain melalui program afiliasi.
  3. Menjual ruang iklan bagi pemilik Website lain yang ingin mengiklankan produk mereka di Newsletter Anda!
  4. Atau bahkan mempromosikan Website Adsense Anda lainnya!

Bayangkan seandainya anda mempunyai 5.000 data/kontak pengunjung yang telah berhasil ‘ditangkap’ oleh formulir autoresponder di blog Anda. Kemudian, anda menawarkan sebuah produk melalui sebuah email, dengan sekali klik email terkirim serentak kepada mereka. Mungkinkah dari 5000 orang tersebut tidak ada yang membeli sama sekali? Hemmm, rasanya tidak mungkin kecuali ada yang salah dalam cara list building atau isi email.

Tentunya kita semua tidak mengharapkan sesuatu yang buruk menimpa website kita, tapi jika Website Adsense kita tiba-tiba kena penalty, deindeks, atau banned Adsense dan berhenti mendapatkan uang dari Adsense, maka kita masih mempunyai sumber penghasilan – yang menurut saya – jauh lebih penting dari pada website Adsense itu sendiri, yaitu kontak pelanggan (subscriber).

Dengan memiliki newsletter dan data pelanggan, website Adsense kita lebih berpeluang mendapatkan banyak traffic berulang. Misalnya, kita yang baru saja menulis artikel di website. Kita bisa memberitahukan perihal adanya artikel baru tersebut kepada pelanggan (subscriber) yang data/kontak-nya telah berhasil kita kumpulkan. Dan ini akan mengingatkan pengunjung tentang keberadaan Website kita sehingga mereka akan datang dan datang lagi.

Nah, setiap kali mereka berkunjung, selalu ada kemungkinan bahwa mereka akan mengklik iklan Adsense Anda, bukan? :-).

Tips dari saya : Kalau Anda ingin banyak orang mengklik Adsense Anda melalui Newsletter, Anda bisa meminta pembaca untuk membaca Newsletter Anda secara online! Sebagai contoh, agar pembaca mengunjungi Website, Anda cukup menulis seperti berikut ke email mereka:

Halo sobat,

Apa kabar?

Ada artikel gres tuh dari saya tentang “TEMA ARTIKEL DI SINI”!
Jangan lupa berkunjung ya ke:

www.loker.tohasyahputra.com

Semoga bermanfaat! 🙂

Temanmu,

Nama Lengkap Kita

TohaSyahPutra.com

Sekarang kita sudah mengetahui, kenapa Website Adsense sebaiknya memiliki newsletter 🙂

Apa yang harus Anda lakukan selanjutnya? Segera praktek. Untuk memilih autoresponder guna mendukung pengumpulan data pelanggan (building list), silakan baca: tips memilih autoresponder, atau paling tidak anda mendaftarkan situs anda ke Feedburner (baca juga: cara daftar Feedburner).

2 thoughts on “Newsletter, Perlukah Website Adsense Memiliki?

  • February 18, 2013 at 3:08 pm
    Permalink

    Mas Toha, saya ada beberapa pertanyaan jika kita mendaftar feed via feedburner.

    Pertama, apakah dgn memasang subscribe box di blog kita, hal ini tdk berimbas ke SEO?

    Kedua, setahu saya jika kita memasang feedburner subscription, tiap kali kita posting artikel baru otomatis akan terkirim ke subscriber kita via emai mereka ya? Nah, bukankah mereka malah membaca artikel kita via email dong? bukan langsung ke website kita yg ada iklan adsensenya. Apalagi, kalo tdk salah, adsense for feed jg dihapus oleh Google. Bagaimana ini mas?

    Salam,

    Shadi

    Reply
    • March 13, 2013 at 12:50 pm
      Permalink

      Menurut saya,Pertama, tidak ada hubungan antara keduanya. Dan, kedua, posting terbaru yang terkirim di email subscriber bisa disetting sebagai judul dan petikan konten saja. untuk membaca kelengkapan artikel, subscriber perlu klik judulnya dan terarah ke blog kita.

      Reply

Leave a Reply

close