Obyek Wisata Omah Kayu Paralayang Kota Batu Malang

Obyek Wisata Omah Kayu Paralayang Kota Batu Malang – Jawa Timur memiliki segudang destinasi wisata. Di antaranya bertebaran di Kota Batu. Kayaknya hampir semua orang udah pada tahu atau paling tidak mendengar nama kota wisata terkenal di Jawa Timur ini. Selain tempatnya yang dingin alias sejuk, Kota Batu punya beberapa obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Paralayang dan omah kayu (rumah pohon).

paralayang batu malang malam hari
Pemandangan waktu malam dari Paralayang Kota Batu Malang Jawatimur (sumber: feryarifian.blogspot.com)

Sekilas Tentang Kota Batu Malang

Mengapa orang sering menyebut Kota Batu dengan sebutan Kota Batu Malang? Hal ini dikarenakan Kota Batu dahulu merupakan bagian dari Kabupaten Malang. Namun, terhitung sejak 6 Maret 1993, kota ini ditetapkan menjadi kota administratif. Kemudian pada tanggal 17 Oktober 2001, Batu ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang. Oleh karena itu, hingga kini orang masih sering menambahkan MALANG setelah menyebut KOTA BATU.

Kota Batu merupakan salah satu kota yang berada di Propinsi Jawa Timur. Kota ini terletak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. Kota Batu berada di jalur yang menghubungkan Malang-Kediri dan Malang-Jombang. Kota Batu berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan di sebelah utara serta dengan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, dan barat. Wilayah kota ini berada di ketinggian 700-1.700 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata mencapai 12-19 derajat Celsius.

Batu dikenal sebagai salah satu kota wisata terkemuka di Indonesia karena potensi keindahan alam yang luar biasa. Kekaguman bangsa Belanda terhadap keindahan dan keelokan alam Batu membuat wilayah kota Batu disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss dan dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa Bersama dengan Kota Malang dan Kabupaten Malang, Kota Batu merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya (Wilayah Metropolitan Malang). Di antara tempat wisata yang banyak dikagumi di sana adalah Obyek Wisata Omah Kayu Paralayang Batu Malang.

Apa Sih Paralayang? Apa Pula Omah Pohon?

Paralayang sendiri seperti sebuah bukit tinggi, di mana kita bisa melihat pemandangan rumah-rumahan di bawah. Apalagi jika kita mengunjunginya saat malam hari, kita bias menikmati pemandangan kelap kelip dari lampu yang ada pada rumah tersebut. Selain itu kita juga bisa melakukan olah raga terjun payung yang tersedia di Paralayang. Tentunya berbayar dan tidak gratis.

Perjalanan dari Kota Batu, Malang ke Paralayang hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Anda akan melewati perbukitan yang indah dan pemandangan yang indah. Dan lokasi tepatnya Paralayang berada di Gunung Banyak, Songgokerto, Kecamatan Batu, Malang JawaTimur.

Sedangkan Omah Kayu merupakan sebuah rumah di atas pohon pinus yang kuat. Omah Kayu ini sangat cocok bagi anda yang ingin mengambil gambar pemandangan dengan hasil yang baik. Anda bias menikmati ini hanya dengan membayar lima ribu rupiah saja.

Tiket Masuk Omah Kayu dan Paralayang

Jika kita ingin menikmati keindahan Obyek Wisata Omah Kayu Paralayang ini kita harus membayar tiket masuk. Tidak mahal sih. Untuk menuju ke Paralayang kita akan dikenai biaya sebesar Rp. 5.000. Sedangkan tarif tiket menuju omah kayu (rumah pohon) sebesar Rp. 5.000. Jadi biaya total Rp. 10.000. Bagaimana, murah bukan? Bayangkan, hanya dengan tiket masuk yang murah tersebut, kita sudah bisa menikmati keindahan alam Kota Batu.

Omah Kayu di Batu Malang
Menuju ke Omah Kayu di Batu Malang (sumber: anomharya.com)

Rute Menuju Paralayang dan Omah Kayu

Siapkan jaket jika Anda tidak tahan dingin. Paralayang dan Omah Kayu ini berada di sebuah pegunungan. Jadi lokasinya sangat dingin dan juga sering hujan. Perjalanan menyusuri rute ke sana bisa bikin capek bagi mereka tidak terbiasa jalan-jalan. Namun, rasa capek akan terbayar lunas berkat pemandangan yang begitu indah yang bisa anda lihat dan rasakan.
Lokasi atau tempat Paralayang dan Omah Kayu berada di Gunung Banyak, Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Malang – Jawa Timur. Jika anda tidak mengerti rute menuju lokasi, anda bisa bertanya kepada orang sekitar. Jangan khawatir, mereka baik-baik kok. Ga bakalan menyesatkan.

Fasilitas Di Paralayang Dan Omah Kayu

Berbicara tentang fasilitas yang ada pada paralayang dan Omah Kayu ini sangat banyak sekali. Fasiltasnya warung makan tempat anda untuk membeli berbagai macam makanan tersedia dilokasi ini. Kemudian anda juga bisa menikmati naik Paralayang dengan membayar biaya sewanya.

Pemandangan paralayang di malam hari sangat indah. Dari tempat sana Anda bisa menikmati kerlap-kerlip lampu yang ada di hamparan rumah warga kota malang yang terlihat di bawahnya.

Tak kalah menarik adalah fasilitas di kawasan #wisata Omah Kayu di mana anda bisa naik ke sana dan selfie. Bagus pula buat foto pre wedding. Dan yang lebih berasa sensasinya Anda bisa mengambil gambar dari ketinggian di mana Anda berada.
Tapi, hati-hati masuk Omah Kayu bila bersama rombongan. Kebanyakan untuk ke Omah Kayu batas orang yang masuk 6 orang untuk setiap rumah-rumahan yang dimasukinya.

Artikel terbaik: 5 Obyek Wisata Air Terjun Terindah di Malang

Biaya dan Tarif Sewa di Paralayang Dan Omah Kayu

  • Tarif sewa paralayang sebesar Rp. 350.000,- Dengan biaya segitu Anda sudah bisa secara bebas menikmati pemandangan yang indah.
  • Harga sewa atau tarif omah kayu (untuk menginap) dikenai biaya 350.000.
  • Untuk biaya lainnya masuk yaitu 5.000,- untuk Paralayang dan untuk Omah Kayu 5.000. Jadi jika anda ingin menikmati wisata Omah Kayu Paralayang anda hanya mengeluarkan tiket masuk sebesar 10.000,-. Dan biaya parker sebesar 5.000,-.

Jalan-jalan ke Omah Kayu Paralayang Kota Batu Malang, di samping bisa badan sehat, juga pikiran jadi lebih fresh karena alamnya yang natural.

Catatan: Informasi seputar tarif sewa paralayang, omah pohon, tiket masuk dan biaya parkir ke wisata Paralayang dan Omah Kayu di Batu Malang yang ditulis di atas bisa saja berubah (naik).

Semoga tulisan berjudul “Obyek Wisata Omah Kayu Paralayang Kota Batu Malang” ini bermanfaat bagi anda semua dan menambah wawasan serta pengetahuan yang luas.

Wisata Paralayang Dan Omah Kayu di Batu Malang
Wisata Paralayang Dan Omah Kayu di Batu Malang (sumber: surabaya.panduwisata.id)
Wisata Paralayang Dan Omah Kayu di Batu Malang
Wisata Paralayang Dan Omah Kayu di Batu Malang di malam hari (sumber: wisatakebromo.com)
Obyek Wisata Omah Kayu Paralayang Kota Batu Malang
Asyiknya refreshing ke Obyek Wisata Omah Kayu dan naik Paralayang (sumber: pujonrafting.com)

Leave a Reply

close