Semangat Mengejar Peluang Usaha Jadi Penulis Artikel Online

Di era sekarang ini kita tidak harus mengandalkan atau bertumpu pada jurusan akademik semata ketika berniat bekerja atau berusaha mencari pekerjaan. Banyak di antaranya yang kurang beruntung atau bahkan tidak memiliki kesempatan untuk dapat bekerja di luar sana seperti halnya diperusahaan-perusahaan atau instansi pemerintah seperti orang-orang pada umumnya.

Akan tetapi, memang tidak dapat dipungkiri bahwa kita membutuhkan pendapatan atau penghasilan untuk dapat hidup dan memenuhi kebutuhan hidup kita. Di sinilah kita perlu memainkan kreativitas kita karena Tuhan memberikan kita akal yang istimewa luarbiasa apabila kita berusaha memanfaatkan pemberian Tuhan tersebut. Tanpa kita sadari dan kita ketahui, banyak usaha-usaha lain yang dapat menghasilakan apabila kita ingin mencari dan tidak stuck pada pekerjaan-pekerjaan pada yang pada umumnya orang lain lakukan. Ya karena ada peluang usaha jadi penulis artikel online yang bisa dimanfaatkan.

Tak banyak memang orang-orang mengetahui tentang adanya peluang usaha ini. Hal ini dikarenakan kita terlalu fokus pada pekerjaan yang terlihat ‘nyata’ dimata orang lain pada umumnya atau bahkan menurut sanak saudara kita sendiri. Tanpa kita sadari semua itu hanya akan membuang waktu kita yang berharga dengan sia-sia.

Bagaimana tidak, di luar sana masih banyak yang dapat kita kerjakan dan mungkin lebih menjanjikan daripada semua pekerjaan yang biasa kita lihat, namun kita terlalu menutup diri dan terjebak di antara pandangan-pandangan orang lain tentang pekerjaan yang menurut mereka layak.

Lantas bagaimana kita mengatasi keadaan tersebut? Langkah awal ketika kita merasa jenuh dengan keadaan yang membuat kita kehilangan semangat dan menyerah untuk melakukan banyak hal yang tidak kita duga, maka mulailah dengan menggunakan mencari hal-hal yang mungkin saja baru untuk diri kita.

Menjadi seorang penulis artikel online mungkin bagi sebagian orang bukan merupakan cita-cita awalnya ketika ia bersekolah dulu. Akan tetapi, hidup berjalan dengan semestinya sehingga tanpa kita sadari mengantarkan kita untuk menjadi seorang penulis artikel online. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut.  Dengan memanfaatkan kreativitas yang kita miliki, maka pikiran kita akan pekerjaan (penulis artikel online) ini menjadi lebih terbuka. Seperti misalnya pada dasarnya dulu kita atau mungkin sampai sekarang, memiliki hobi menulis baik itu cerpen, artikel, blog, bahkan diary sekalipun. Tanpa kita sadari kita telah mengasah kreativitas kita dalam bidang menulis. Mungkin dulu berpikir bahwa itu semua merupakan keisengan di sela-sela pelajaran waktu luang.

Akan tetapi, ketika kita berada dalam keadaan dimana belum memiliki kesempatan terjun ke dunia pekerjaan pada umumnya, mengapa kita tidak memikirkan hal-hal yang kita lakukan tersebut dalam artian menjadi penulis artikel online? Apabila kita lebih open minded akan segala hal, maka tidak mustahil akan melihat banyak peluang dalam hidup ini termasuk menemukan peluang untuk menjadi penulis artikel online.

Ketika kita telah menemukan peluang usaha jadi penulis artikel online, maka mulailah menulis apa yang biasa kita tulis blog/website. Atau kita bisa melihat apa yang paling up date dan booming saat ini dan memasang iklan pada blog/website. Kita dapat memanfaatkan peluang tersebut sebagai jalan usaha yang paling memungkinkan bagi kita untuk menjalankannya.

Bagaimana tidak, dengan memiliki pekerjaan yang dapat dilakukan dimana pun seperti misalnya di rumah, bahkan ketika berlibur pun apabila kita ingin menulis hal tersebut dapat dilakukan. Tidak harus melulu pergi pagi pulang sore atau malam untuk pekerjaan tersebut, kita dapat melakukannya dirumah sembari melakukan pekerjaan lainnya.

Contohnya seorang ibu rumah tangga dapat menjadi penulis online tanpa harus keluar rumah dan sedikit mengabaikan pekerjaan rumah tangga. Atau mahasiswa yang merangkap menjadi seorang penulis online dan bisa melakukan pekerjaannya disela-sela tugas kuliahnya.

Kalau pun belum memiliki blog atau tidak terbisa menulis di blog/website, maka carilah lowongan jasa penulis artikel lepas/freelance. Apabila kita membuka pikiran dan hati untuk melihat pekerjaan lainnya yang mungkin bahkan orang-orang tidak menyadari keberadaannya.

Maka dari itu, apa pun itu akan menjadi lebih mudah. peluang usaha jadi penulis artikel online merupakan salah satu usaha yang bisa dikatakan tidak memerlukan modal yang besar layaknya jenis usaha yang lain seperti menjual sebuah produk, usaha peternakan, dan sebagainya yang dapat ditaksir tidak mengeluarkan modal yang sedikit.

Pada dasarnya, memang pekerjaan atau usaha menulis online ini memiliki kesamaan dengan beberapa jenis usaha yang barusan disebutkan. Kesamaannya adalah sama-sama menjual ‘sesuatu’, namun ‘sesuatu’ nya itu berbeda, usaha-usaha lain berupa barang yang berwujud, dan usaha menulis online ini menghasilkan sebuah tulisan. Ya, tulisan tersebutlah yang memiliki nilai.

Kembali pada topik sebelumnya, bahwasanya menjadi seorang penulis artikel online tidak memandang kriteria umur atau akademik yang sangat khusus, semua orang. Semua profesi pekerjaan, semua usia, dapat menjadi seorang penulis artikel apabila mereka mau. Karena yang perlu dilakukan oleh seorang penulis artikel di antaranya adalah dapat memahani bahasa yang baik dan benar untuk menulis artikel formal (apabila menulis blog sendiri atau website dapat memakai bahasa yang biasa kita gunakan).

Kemudian untuk menjadi seorang penulis artikel online, yang harus dilakukan adalah terus mengasah kemampuan berbahasa dan merangkai kata-kata setiap hari dengan terus menulis dan membuat setiap harinya menjadi waktu produktif untuk menulis.

Dengan demikian, kita dapat menjadi lebih terasah dan terarah dalam menumpahkan opini kita dalam sebuah tulisan berupa artikel. Sama halnya dengan jenis tulisan-tulisan lainnya, hal seperti ini juga perlu dilakukan.

Meski untuk menjadi seorang penulis artikel ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Tetapi jangan dianggap remeh pula, pasalnya tidak semua orang dapat menulis, tidak semua orang dapat menumpahkan opini-opini mereka ke dalam sebuah tulisan, dan tidak banyak pula yang membuat tulisan mengalir secara alami. Semua itu kembali kepada pribadi dan minat masing-masing orang.

Bagi yang memiliki blog atau website pribadi, manfaatkanlah hal tersebut sebaik-baiknya dan jadikan blog atau website yang menjadi wadah tulisan kita ini dapat menghasilakan uang dengan cara memasang iklan di blog atau website. Akan lebih bagus malah apabila kita menulis di blog atau website milik sendiri.

Pasalnya apapun yang kita tulis merupakan sesuatu yang kita suka. Misalnya kita menyukai make up dan mengoleksi beberapa di antaranya, maka tulislah review mengenai jenis make up yang kita gunakan. Selain terasa menyenangkan dapat menulis hal-hal yang disukai, tulisan kita pun akan memiliki manfaat bagi orang-orang yang memang sedang mencari review make up yang ia ingin coba.

Menyenangkan bukan menjadi seorang penulia artikel online yang bisa bekerja di rumah tanpa harus keluar ongkos transportasi, tanpa memakai pakaian rapi dan formal, serta bekerja sampai kehilangan waktu di rumah bersama keluarga dan hewan peliharaan. Oleh karena itu, jangan tutup mata, dan jangan sia-siakan peluang usaha jadi penulis artikel online. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

close