Banyak Celah Jika Ambil Peluang Usaha Ternak Kambing

Permintaan daging kambing di pasaran memberi peluang untuk usaha peternakan kambing. Peluang usaha ternak kambing ini akan semakin meningkat pada waktu menjelang hari raya Idul Adha/kurban. Permintaan kambing sehat menjelang hari raya kurban akan semakin tinggi.

Peternak kambing akan semakin kewalahan untuk memenuhi permintaan dari pasaran yang cukup tinggi. Terkadang karena peternak kambing lokal tidak dapat memenuhi permintaan pasar yang tinggi memberikan peluang import daging kambing dari luar negeri. Tentu saja hal ini sangat disayangkan. Padahal penyediaan daging kambing dapat menggeliatkan peternak kambing lokal.

Jenis Kambing yang Bisa Diternakkan

Jenis kambing yang biasa diternakkan oleh sebagai usaha ternak kambing ada dua jenis, yaitu kambing peranakan etawa dan kambing kacang. Meskipun jenis kambing yang ada di Indonesia cukup banyak namun dua jenis kambing tersebut banyak diternakkan oleh peternak.

Kambing peranakan etawa merupakan hasil persilangan antara kambing lokal yaitu kambing kacang dengan kambing india. Kambing peranakan etawa ini berukuran lebih besar daripada kambing kacang, namun lebih kecil daripada kambing etawa. Kambing pernakan etawa memiliki daging yang banyak dan dapat menghasilkan susu. Ciri-ciri dari kambing peranakan etawa yaitu bulu berwarna cokelat muda hingga kehitaman, telinga panjang berukuran 18-30 cm dan telinga terkulai dengan lemas. Berat kambing peranakan etawa mencapai 35-40 kg dengan tinggi 76-100 cm.

Kambing kacang adalah kambing lokal asli dari Indonesia. Ciri-ciri dari kambing kacang yaitu tubuh berukuran kecil, memiliki tanduk, punggung meninggi, telinga berukuran kecil dan ukuran leher pendek. Berat kambing kacang yaitu 20-25 kg dan tinggi 56-65 cm.

Umumnya pasaran menginginkan kambing hidup dan daging kambing yang berkualitas. Oleh karena itu, pengusaha peternak kambing harus benar-benar memahami cara untuk menghasilkan kambing yang berkualitas tinggi. Ada langkah-langkah yang harus diikuti oleh pengusaha ternak kambing agar memperoleh hasil kambing dengan kualitas tinggi.

Langkah Jitu Beternak Kambing dengan Kualitas Tinggi

  1. Pemilihan bibit unggul.

Pemilihan bibit yang baik mutlak harus dilakukan jika ingin menghasilkan kambing dengan kualitas tinggi. Pilih bibit kambing jantan dan betina yang benar-benar unggul dengan ciri-ciri tertentu. Ciri-ciri bibit kambing jantang yang unggul ialah memiliki tubuh sehat, tidak cacat fisik, gagah, pertumbuhan sesuai usia, nafsu kawin tinggi, buah zakar bagus, kaki lurus, tumit tinggi, tubuh berukuran panjang, aktif, bulu mengkilap, bulu halus dan bulu bersih. Ciri-ciri bibit kambing betina yang unggul yaitu tubuh sehat, buah susu kenyal dan halus, bulu mengkilap, bulu halus, tidak terlalu gemuk serta tidak terlalu kurus.

  1. Masa kawin kambing.

Bibit kambing dewasa yang berumur kira-kira 6-8 bulan akan mulai menampakkan birahinya. Di usia ini kambing mulai dipersiapkan untuk kawin. Usia kambing jantan yang siap kawin yaitu 1 tahun dan usia kambing betina siap kawin yaitu 10-12 bulan. Untuk mengawinkan kambing harus memperhatikan ciri-ciri birahi pada kambing betina. Dan segera dikawinkan 12-18 jam setelah terlihat tanda birahi. Ciri ciri birahi pada kambing betina yaitu terlihat gelisah, alat kelamin luar membengkak, nafsu makan berkurang, ekor digerak-gerakkan dan terdiam saat dinaiki oleh kambing jantan. Kondisi birahi kambing betina ini hanya berlangsung selama 30 jam saja dan akan berulang setelah 17 hari lagi.

  1. Pakan k

Kebutuhan makanan yang bergizi untuk kambing harus dipenuhi agar menghasilkan kambing berkualitas tinggi. Makanan kambing terbagi menjadi makanan konsentrat dan makanan hijau. Makanan konsentrat terbuat dari dedak atau bekatul. Makanan hijau berasal dari tumbuhan alami yang tinggi protein seperti daun kacang panjang, daun kedelai, daun lamtoro, daun kacang tanah, daun gamal, daun kaliandra dan daun turi. Rumput setaria, clitoria ternatea dan brachiaria juga bagus untuk pertumbuhan kambing. Berikan makanan kambing secara teratur dan cukup agar pertumbuhan kambing maksimal.

  1. Kandang kambing.

Kandang kambing harus dibuat untuk mendukung pertumbuhan kambing. Buat kandang yang menghadap ke timur agar tersinari matahari pagi sehingga sesuai dengan syarat agar ternak sehat. Ventilasi udara di dalam kandang harus ada untuk menjaga sirkulasi udara. Bentuk kandang kambing yang baik adalah kandang panggung, memiliki atap dan memiliki tempat makanan serta minuman. Penggunaan kandang panggung dimaksudkan agar lebih mudah saat membuang maupun membersihkan kotoran dan menjaga agar kandang kambing tidak lembab. Umumnya kandang yang berukuran 6×6 meter untuk memelihara 20 kambing.

 

Peluang usaha ternak kambing memberikan banyak keuntungan bagi peternak. Ada kalanya ingin usaha di bidang ternak kambing namun memiliki kendala dalam hal tenpat yang tepat. Jika ingin menjalankan usaha ternak kambing tetapi terkendala dengan tempat dapat bekerja sama dengan orang lain. Misalnya dengan penduduk desa. Lokasi yang baik untuk memelihara kambing adalah jauh dari keramaian dan dekat dengan penyediaan pakan ternak.

Usaha ternak kambing yang bekerja sama dengan orang lain untuk dititipi kambing harus diberikan perjanjian bagi hasil di antara keduanya. Bagi hasil dapat berupa gaji setiap bulan atau hasil yang akan diperoleh di akhir nanti seperti pembagian anak kambing. Sewa lahan untuk kandang kambing juga harus diperhitungkan.

Peluang Usaha Ternak KambingMengikuti organisasi peternak yang diadakan di wilayah tempat pemeliharaan ternak kambing dapat memberikan banyak manfaat. Dengan mengikuti organisasi ternak dapat diperoleh informasi tentang pemeliharaan ternak yang baik dan informasi pemasaran. Dari organisasi peternak juga dapat diperoleh pelayanan kesehatan ternak dari pemerintah yang diperoleh secara gratis.

Untuk pemasaran dari kambing-kambing yang diternak tidak terlalu sulit. Jika mengikuti organisasi peternakan setempat dapat diperoleh informasi tentang pemasaran. Apalagi jika menjelang hari raya Idul Adha maka pemasaran kambing menjadi lebih indah. Hanya tinggal beriklan melalui surat kabar, pamflet, dan selebaran sudah dapat menjadi pemasaran yang jitu. Biasanya masjid maupun mushola menjadi target pemasaran yang tepat menjelang hari kurban.

Usaha peternakan kambing dapat memberikan hasil yang sangat besar. Hampir semua bagian dari kambing dapat dijadikan komersial. Daging kambing dapat dijual sebagai daging mentahan atau olahan. Daging kambing dapat diolah menjadi dendeng atau abon. Susu kambing dapat dijual dan konon susu kambing bermanfaat untuk obat. Susu kambing mengandung protein yang tinggi dan bagus untuk pertumbuhan serta kesehatan.

Kulit kambing dapat dimanfaatkan untuk membuat alat tabuh rebana, bedug, hiasan dinding dan tas. Bulu kambing dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuatan kuas dan kapas. Bulu kambing juga dapat dipintal menjadi benang dan dibuat sebagai bahan mantel. Kotoran kambing dapat diolah dan dimanfaatkan sebagai pupuk kandang yang akan menyuburkan tanaman.

Peluang usaha ternak kambing dapat menjanjikan keuntungan yang lumayan besar. Pemeliharaan kambing terbilang sangat mudah. Hanya cukup diberi makanan secara teratur dan menjaga kandang agar tetap bersih. Kambing memberikan banyak manfaat untuk manusia. Hampir semua bagian kambing dapat dijadikan komersial dan memperoleh keuntungan. Usaha ternak kambing yang dijalankan secara profesional akan menghasilkan kambing berkualitas tinggi dan mendatangkan keuntungan besar.

Leave a Reply

close