SEO: Pengertian dan Cara Penerapan SEO

SEO telah menjadi bagian terpenting dalam dunia internet marketing. Seorang webmaster yang mengharapkan traffik dari mesin pencari ‘search engine’ wajib memiliki ilmu tentang SEO dan menerapkannya. Jika tidak, ia harus menyewa ahli SEO untuk mengurus situsnya sehingga tidak menjadi situs sia-sia.

Pengertian SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah pengoptimalan situs agar situs kita memiliki ranking yang tinggi di Search Engine untuk kata kunci tertentu pilihan kita.

Bagaimana sebuah halaman situs bisa memiliki ranking tinggi di Search Engine?

Secara spesifik tidak ada yang tau. Menurut Google ada 200 lebih faktor yang bisa membuat sebuah halaman situs memiliki ranking tinggi di Search Engine, dan semua faktor ini menjadi rahasia perusahaan Google inc.
Google hanya memberikan sedikit clue (petunjuk) bagi para webmaster dan pemasar online seperti kita yang ingin memiliki ranking tinggi di Search Engine. Salah satunya adalah Google mengatakan buatlah website yang BERMANFAAT untuk user (pengguna Internet). Contoh seperti: Wikipedia.
Petunjuk lain yang diberikan oleh Google adalah buatlah KONTEN YANG UNIK, tidak menjiplak dari situs orang lain. Contohnya: Wikipedia.
Google mengatakan jika konten situs kita unik, menarik dan bermanfaat (seperti Wikipedia), maka akan banyak situs orang lain yang ngelink ke situs kita alias merekomendasikan situs kita. Demikian dengan sendirinya situs kita akan memiliki ranking di Search Engine.

Berapa lama sebuah halaman situs bisa memiliki ranking di SE?

Sebuah halaman situs bisa memiliki ranking di SE mulai dalam jarak 1 hari sampai bertahun-tahun. Tergantung kata kunci yang Anda bidik dan jumlah saingan.
Namun tanamkan dalam pikiran bahwa SEO itu seringkali memerlukan waktu sebelum Anda melihat hasil. Bisa jadi traffic baru mulai berdatangan setelah 2 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun, dengan asumsi Anda memilih kata kunci yang pencarinya banyak dan saingannya ada cukup.

Rumus Keberhasilan SEO:
kata kunci yang tepat konten berkualitas = RANKING

Tahapan-tahapan yang harus dilakukan saat menjalankan SEO

  1. Pengoptimalan pada situs (ON-page optimization)
  2. Pengoptimalan di luar situs (OFF-page optimization)
Contoh kata kunci utama yang dibidik: “Tohasyahputra”

Tahapan Pengoptimalan PADA situs (ON-page Optimization)

  • Buat artikel tentang Tohasyahputra dengan panjang artikel 750 – 1000 kata.
  • Usahakan kata kunci Tohasyahputra muncul pada paragrap pertama artikel. Lebih baik jika Anda membuatnya di awal kalimat paragraph.
  • Usahakan Kata kunci Tohasyahputra muncul di akhir setiap paragraph.
  • Jumlah kata kunci Tohasyahputra dalam artikel harus muncul sekitar 2% dan tersebar merata. Contoh, jika panjang artikel 1000 kata, maka jumlah kata anne ahira harus muncul paling tidak 20 kali dalam artikel.
  • Pastikan dalam artikel kata kunci Tohasyahputra di bold , underline dan italic paling tidak masing-masing satu kali.
  • Kata kunci Tohasyahputra harus muncul di META Title 2 kali.
  • Kata kunci Tohasyahputra harus muncul di META Description 2 kali.
  • Masukkan kata kunci Tohasyahputra di META Keywords: Tohasyahputra, tohasyah, toha, tohaputra
  • Kata kunci Tohasyahputra harus muncul atau menjadi bagian dari nama domain. Contoh: SiapaTohaSyahPutra.com, Tohasyahputra.com
  • Kata kunci Tohasyahputra harus muncul dalam artikel dalam bentuk H1, H2, H3.
  • Kata kunci Tohasyahputra harus ngelink ke artikel lain yang ada di dalam domain kita sendiri (internal linking).
  • Pastikan artikel Anda tidak ngelink ke situs luar manapun kecuali link affiliasi.
  • Jika dalam artikel ada gambar, pastikan gambar tersebut diberi “alt tag” yang memuat kata kunci utama yaitu Tohasyahputra .
  • Selain artikel tentang Tohasyahputra , situs Anda harus memiliki komponen lain
    yaitu: Privacy Policy & Disclaimer, Contact us, Sitemap.
  • Jika Anda mentarget kata kunci Tohasyahputra , maka buatlah setidaknya 4 artikel lain yang berhubungan. Jadi dalam 1 domain minimal ada 5 artikel saling terkait satu sama lain.Contoh kata kunci utama: Tohasyahputra(panjang artikel 750-1000 kata.)Buat 4 konten tambahan: bisnis Tohasyahputra, alamat kantor Tohasyahputra, foto-foto Tohasyahputra, pacarnya Tohasyahputra (panjang artikel 300 – 750 kata). Panjang artikel di atas 500 kata, apalagi sampai 1000 kata selalu lebih baik.

tips seoGoogle mengatakan jika konten situs kita unik, menarik dan bermanfaat (seperti Wikipedia), maka akan banyak situs orang lain yang ngelink ke situs kita alias merekomendasikan situs kita. Demikian dengan sendirinya situs kita akan memiliki ranking tinggi di Search Engine.

Dengan kata lain, Google menginginkan situs kita mendapatkan backlink secara NATURAL, alias orang lain merekomendasikan situs kita secara sukarela. Namun pada kenyataannya, saat kita memiliki situs baru tentunya tidak akan tiba-tiba mendapatkan backlink dari situs orang lain.

Oleh sebab itu kita perlu melakukan tahapan OFF-Page Optimization atau pengoptimalan DI LUAR situs.

Off-Page Optimization = BACKLINKS = Situs orang lain ngelink ke situs kita

Backlink Seperti Apa Yang Harus Saya Cari?
Idealnya Anda ingin mendapatkan backlink dari situs:

  • Yang memiliki topik serupa dengan situs Anda
  • Memiliki Pagerank tinggi
  • Memiliki Authority tinggi di mata Search Engine
  • Umur domainnya sudah tua
  • Memiliki link ke luar dengan tag kode DOFOLLOW

Berikut Adalah Tempat Di Mana Anda Bisa Mendapatkan Backlinks:

  • Blog gratisan (Social Network, spt: Blogspot, WordPress, dll)
  • Direktori Artikel (EzineArticles.com)
  • Social Bookmark
  • Press Release
  • RSS Submission
  • Web 2.0 Video Sites (YouTube)
  • Blog Commenting (.edu, .gov)
  • Forums

Mengacu pada BACKLINK IDEAL , disarankan Anda untuk mencari backlinks berdasarkan DIVERSITY (keragaman) macam situs seperti di atas. Dengan kata lain, usahakan saat mencari backlinks tidak hanya dari satu tipe website, misalnya hanya di social bookmark saja, atau direktori artikel saja.

Lakukan DIVERSITY, maka setiap backlinks ke situs kita akan kelihatan lebih natural di mata Search Engine karena datangnya dari berbagai macam (tipe) website seperti di atas.

Dua Cara Mencari Backlinks:

  • Secara Manual Dari A-Z dilakukan dilakukan sendiri secara manual. Yang ini hemat biaya, tapi memakan banyak waktu.
  • Menggunakan Backlink Service (Berbayar) Pekerjaan Anda menjadi lebih sedikit, karena Anda dibantu oleh alat atau sistem yang bisa mempermudah Anda untuk mendapatkan backlinks. Proses pencarian backlink lebih cepat, dan biasanya di tempat yang tepat backlink lebih berkualitas daripada yang dilakukan secara manual. Dengan memiliki backlink yang berkualitas tentunya bisa membuat situs kita memiliki ranking lebih cepat dan kuat posisinya di Search Engine.

Kedua cara di atas adalah pilihan. Jika Anda ingin menghemat waktu, dan memiliki dana lebih, Anda bisa memilih pilihan yang kedua yaitu menggunakan Backlink Service. Silakan baca modul bersangkutan dengan judul: Kumpulan Jasa Backlink Berbayar.

Berapa Jumlah Backlinks Yang Diperlukan Untuk Membuat Sebuah Kata Kunci Memiliki Ranking Tinggi Di Search Engine?

Jika kata kunci yang Anda bidik tidak ada saingan sama sekali, maka Anda tidak perlu mencari backlinks. Cukup lakukan ON-Page optimization, halaman situs Anda bisa memiliki ranking.

Sebaliknya, jika Anda membidik kata kunci yang terlalu banyak saingannya, contohnya kata kunci real estate , maka mungkin situs baru Anda tidak akan pernah memiliki ranking meski Anda memberikan ribuan backlink.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan RISET kata kunci yang tepat. Di mana pencarinya masih banyak, tapi saingannya sedikit atau cukup.

Sampai Kapan Saya Harus Mencari Backlinks?

Sampai kata kunci yang dibidik mendapatkan ranking yang Anda inginkan! Untuk setiap kata kunci pasti berbeda. Ada kata kunci yang bisa menduduki posisi 5 besar dalam waktu beberapa hari/minggu hanya dengan sedikit backlink, ada juga yang memerlukan waktu berbulan-bulan.

Jika Saya Bisa Mendapatkan Backlinks Hingga Puluhan Setiap Hari Apakah Akan Dianggap Spam?

Yang penting saat mencari backlink itu adalah KONSISTENSI . Atur jadwal Anda untuk mencari backlink misalnya sehari 10-20 backlink untuk 5 halaman situs Anda yang berbeda.

Jangan sampai hari ini Anda cari backlink 100, 1 bulan kemudian menghilang. Ini Search Engine bisa curiga. Tapi kalau anda mendapatkan backlink secara konsisten, misalnya 1 minggu 2 – 3 kali masing-masing 10-20 backlink, dan terus dilakukan sampai Anda mendapatkan traffic yang diinginkan, ini yang baik.

Apa Itu NOFOLLOW & DOFOLLOW?

Merupakan kode perintah untuk robot Search Engine, apakah mereka harus mengikuti ‘link lain’ yang ada di halaman situs tersebut atau tidak. Jika kode sebuah situs berisi “no follow”, maka si robot tidak akan mengikuti link tersebut. Jika kode nya ‘do follow’ atau ‘follow’, maka si robot akan mengikuti link tersebut.

Nah, saat Anda mencari backlinks dari situs orang lain, pastikan cari backlink yang Anda dapatkan adalah DOFOLLOW, agar link situs kita yang nempel di situs orang lain diikuti oleh robot! Kita memang tidak bisa mengkontrol link kita yang di simpan di tempat lain untuk menjadi ‘dofollow’ semua. Itu adalah hak pemilik situs sendiri.

Persiapan Apa Yang Harus Saya Lakukan Untuk Mulai Mencari Backlinks:

Pastikan browser Anda menggunakan FIREFOX . Lalu install SEOQuake dan “NODOFOLLOW” plugin! Kedua plugin ini bisa membantu kita untuk mengetahui dengan mudah faktor-faktor yang berhubungan dengan SEO, seperti PageRank sebuah halaman, apakah sebuah link itu DoFollow atau NoFollow, dll.

Situs Baru Saya Sempat Memiliki Ranking, Tapi Setelah Itu Rankingnya Hilang Lagi Atau Turun Drastis, Kenapa?

Adalah wajar untuk situs baru rankingnya naik turun, bahkan kadang hilang. Biasanya ranking dan traffic mulai stabil setelah online 6 bulan. Kecuali ada marketer lain yang membidik kata kunci yang sama, dan situs Anda mungkin saja tersingkirkan, maka Anda bisa mulai lagi mencari backlink untuk memperkuat posisi ranking yang sudah ada.

Sekali lagi, tanamkan dalam pikiran bahwa SEO itu memerlukan waktu sebelum Anda melihat hasil. Bisa jadi traffic baru mulai berdatangan setelah 2 bulan, 6 bulan, atau bahkan lebih.

Namun sekali traffic datang, dan di situs Anda memiliki produk yang tepat untuk dipromosikan, apakah produk ClickBank, program Adsense atau lainnya, maka kesempatan Anda menjadi lebih besar untuk mulai menuai PASSIVE INCOME.

Leave a Reply

close