Tips Memilih AutoResponder

Sistem follow up pada sebuah blog mempunyai arti sangat penting. Ibarat sebuah keluarga, blog adalah suami dan system follow up adalah istri. Sebuah blog tanpa system follow up ibarat duda. Demikian pula sebaliknya. Nah, untuk kepentigan system follow up tersebut kita memerlukan sebuah software atau layanan yang disebut AutoResponder.

Kebanyakan pemula (termasuk saya) terjebak dalam pemikiran yang salah, mereka tidak mau investasi untuk keperluan sistem follow up website yang mereka bangun. Mereka berfikir hanya buang-buang uang, padahal sebenarnya itu merupakan harga dari sebuah menjalankan bisnis yang layak untuk dikeluarkan, jika dibandingkan kita kehilangan banyak ‘kontak’ dan bahkan pembelian di kemudian hari.

Tips memilih autoresponder yang baik:

  • Pastikan autoresponder yang anda pilih dapat dipercaya dan berpengalaman.
  • Memiliki kemampuan pengiriman mengirim email hingga tak terbatas.
  • Pesan Teks & HTML. Apakah Vendor menawarkan fitur pengiriman teks biasa dan HTML pada saat bersamaan untuk Autoresponder mereka?
  • Tracking. Dapatkah kita melacak pengiriman pesan-pesan kita? Berapa jumlah pesan yang dibuka oleh prospek kita? Berapa kali link iklan kita di klik oleh pembaca kita? Berapa % tingkat subscribe dan unsubscribe pelanggan kita? Dari negara mana saja? No. IP nya berapa? Dan lain-lain.
  • Unlimited Emails And Leads. Apakah kita bisa memiliki jumlah follow up yang tidak terbatas? Apakah kita bisa menggunakan satu account untuk banyak situs yang berbeda? Apakah kita bisa mengirimkan pesan pada prospek dalam jumlah yang tidak terbatas? Termasuk apakah kita bisa mengirimkan attachment pada prospek kita?
  • ‘Deliverability eMail Rate’. Banyak sekali email account seperti Yahoo, Hotmail dan lain-lain yang tidak mau menerima email yang datangnya dari robot atau ‘autoresponder’, bila mereka mendeteksi email tersebut dikirim oleh ‘robot’ (Autoresponder) yang ‘tidak mereka kenal’ maka mereka akan menganggapnya sebagai ‘junk email’ atau bahkan sebagai ‘spam’ dan langsung menghapusnya.Oleh sebab itu, perlu kita mengunggunakan Autoresponder yang sudah ‘dikenal’ oleh kebanyakan perusahaan email account. Paling tidak, kita tahu bahwa si Vendor (perusahaan Autoresponder) selalu melakukan pendekatan pada perusahaan email untuk ‘meloloskan’ email yang datang dari Autoresponder mereka.

 

Ada beberapa autoresponder besar yang saat ini dipakai oleh internet marketer kelas dunia. Di antaranya AWeber, GetResponse dan RapidResponseBot. Untuk local Indonesia, barangkali Profit Sender merupakan pilihan yang cocok, di mana pembayaran bisa dilakukan dengan transfer bank local, solusi tepat bagi teman-teman yang tidak memiliki kartu kredit atau Paypal.

AWeber AutoResponder

AWeber merupakan autoresponder terkemuka di dunia yang paling banyak digunakan oleh online marketer. Para profesional marketer selalu menyarankan setiap marketer lain untuk memakainya.

Anda harus mempunyai kartu kredit untuk dapat menggunakan layanan AWeber. Karena mereka tidak menerima pembayaran via Paypal. Jika dirasa terlalu ribet berurusan dengan AWeber, GetResponse menjadi pilihan selanjutnya.

GetResponse AutoResponder

Sama seperti AWeber, GetResponse juga tidak menerima pembayaran dari Paypal. Anda harus menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi dengan mereka. Hanya saja, jika pembelian di AWeber melalui phone-call, maka tidak dengan GetResponse. Di sini, Anda dapat membeli secara online.

RapidResponseBot AutoResponder

Teman-teman marketer Indonesia banyak menggunakan layanan autoresponder yang satu ini. Di samping harganya lebih murah, RapidResponseBot juga melayani pembelian dengan menggunakan Paypal.

ProfitSender

Tips memilih autoresponder

ProfitSender merupakan layanan autoresponder lokal Indonesia. Menggunakan 2 bahasa; Inggris dan Indonesia. Di samping pembayaran melalui Paypal, ProfitSender juga menerima transfer via bank BCA dan beberapa bank lokal Indonesia lainnya. Artinya, anda tidak perlu Paypal (apalagi kartu kredit) untuk menyewa layanan autoresponder dari ProfitSender ini.

Untuk pemula dengan bahasa Inggris pas-pasan, ProfitSender sangat saya rekomendasikan. Karena, di samping supportnya menggunakan Bahasa Indonesia, mereka menyediakan tutorial berupa video berisi pengenalan menu-menu di member area serta langkah-langkah setting dan menjalankan follow up.

Bahkan, ProfitSender bisa anda coba secara gratis (saat ini) selama 30 hari. Untuk mencoba layanan gratis mereka bisa link ini ProfitSender Indonesia.

Leave a Reply

close